Cara Membuat blog di google khusus Pemula

gambar dari blogger.com

Membuat Blog di google dengan cara mudah, tinggal daftar lalu blog kamu sudah bisa kamu gunakan dengan leluasa. dan itu gratis gak harus bayar kesana kesini gak harus pusing ngrusin server kode ini kode itu.. karena situs Blogger.com Memang mempermudah kita dalam menggunakannya..

Meski begitu apakah situs blog dari google ini profesional..??

yap situs ini gratis namun bisa profesional.. lalu apa alasan situs blog dari google dikatakan profesional... 

  1. Tampilan bisa di bikin sesuka hati.. tinggal gunakan tamplate yang sesuai dengan selera kamu
  2. bisa menghasilkan uang banyak, dan bisa juga banyak banget, tergantung keseriusan kamu
  3. bisa di jadikan sumber penghasilan utama. misalnya dari iklan, tergantung bagus atau tidak nya konten kamu..
  4. bisa di gunakan dengan domain sendiri, misalnya domain dengan nama kamu seperti "andri. com atau lisa. com atau apapun sesuai dengan nama kamu. [syarat harus sewa domian dulu]
  5. dan masih banyak lagi....
Apakah sudah ada yang membuktikan kesuksesan dari situs gratis ini..??

yap banyak sudah banyak yang sudah membuktikan kesuksesan dari situs blogger kamu bisa lihat blog ini.. strukturkode.blogspot.com [bukan promosi saya juga gak kenal siapa pemiliknya] nah blog ini merupakan blog gratisan yang sudah menghasilkan banyak uang. dari situsnya. salah satu penyebab dia sukses adalah kontennya berkulitas. 

jadi meskipun gratis dan gampang cara mendaftarnya. tapi kamu harus siap-siap energi untuk membuat konten berkualitas. jangan harap punya 10-20 artikel kamu sudah bisa langsung kaya dari nya. karena untuk sampai ke tahap sukses. kamu butuh banyak konten yang berkualitas yang bermanfaat untuk pembaca..

sebelum membaca cara membuat blog dari google lebih baik lihat dulu tips dibawah ini...

1. Jangan Menganggap mudah..

artinya jangan menggap gampang untuk menghasilkan uang dari blog karena ini benar benar tidak segampang yang kamu kira... mentang mentang sudah ada yang sukses dari blog lalu kamu mengira itu mudah..!!

ini pemikiran yang salah. karena  dalam membangun sebuah blog kamu harus siap mental karena sudah di pastikan kamu akan kecewa, setidak nya agak bete atau bete banget.. karena mendatangkan pengunjung memang butuh proses..

jika kamu menggap mudah dan menurut pemikiran kamu konten kamu sudah berkualitas, sementara yang baca gak ada.. tentu ini bikin kecewa bukan..??.

Itulah gunanya mental yang kuat.. karena kamu butuh koreksi lagi dan lagi.. dan jangan mengangap tulisan kamu sudah sangat berkualitas... karena itu merupakan kesobongan tersembunyi yang menghancurkan jalannya blog yang kamu kelola..

2. Siap-Siap Usaha Keras

Jika sudah mendaftar di blogger lalu membuat satu tulisan yang berkualitas menurut kamu, maka itu baru nol % dari perjuangan kamu...

karena kamu butuh promosi, butuh waktu [mengenalkan blog pada search engine]. butuh koreksi kekurangan pada artikel yang sudah di share. dan yang paling penting kamu butuh 100 bahkan lebih artikel berkualitas yang harus kamu publish..

3. Persiapkan diri Untuk kecewa

Nah ini faktor yang aneh namun penting...!!

sebab banyak faktor yang menyebabkan kekecewaan pada diri kita saat membangun sebuah blog. dan ini pun terjadi pada saya sendiri dan banyak juga yang curhat di group group facebook. dan tempat nongkrong blogger lainnya.

penyebab kecewa..

1. pengunjung gak kunjung ramai
2. gak di terima adsense [Adsense = Situs Periklanan dari google]
3. di banned adsense.
4. gak kunjung page one [page one = posisi pertama di pencarian google]
5. dan masih banyak lagi..

saat kekecewan itu datang maka boleh melakukan hal dibawah ini

4. Hindari malas.

Malas adalah penyakit yang harus kita kurang kurangi.. gak apa apa males tapi jangan sering sering.. karena malas adalah faktor utama yang menyebabkan blog mati suri dan gak susah berkembangnya.. apalagi majunya..

Gak apa apa males = maksudnya untuk merefresh pikiran kita. karena dalam ngeblog kita sering terbebani oleh banyak hal.. nah cobalah untuk males atau gak utak atik blog dalam 1 - 3 hari setelah itu baru kembali lagi ngeblog karena otomatis sudah fersh lagi dan biasanya kalo beban pikiran sudah enteng biasanya banyak ide baru yang muncul..

5. Pusatkan Topik blog kamu

Buat lah blog yang sesuai dengan minat kamu.. misalnya tentang hobi kamu, atau tentang apapun yang sudah kamu kausai topiknya.. maka dengan itu kamu bisa menulis apapun dan tanpa halangan berarti..

karena kamu gak harus mikir keras dulu sebelum menulisnya.. toh yang akan ditulis sesuatu yang sudah kamu pahami...

ini berlaku bagi pemula saja.. jika sudah ahli dalam seluk beluk blog maka ini sudah gak berlaku lagi.. karena bisa membayar penulis atau bisa membuat artikel melalui referensi dari mananpun misalnya wikipedia dan lainnya.

6. jangan coba-coba copas artikel orang

Nah ini saya gak usah jelasin lebih panjang karena sudah pasti google sebagai pemilik server blog yang kamu kelola akan gedek jika kamu copas copas artikel orang.. dan lihat beberapa waktu.. pasti blog kamu akan di masukkan ke truk sampah oleh google... 

7. Banyakin Minum Air Putih

Ini tips sederhana yang berpengaruh besar menurut saya... berikut manfaat minum air putih menurut pengalam saya pribadi.. 
  1.  membuat pikiran enteng saat menulis [jujur saya gak tau penyebabnya apa.. karena yang lebih tahu tentu dokter]
  2. Kita bekerja duduk..! pengalama pribadi saya bisa duduk dalam 8 jam lebih saat menulis sebuah konten... [jika kurang minum air putih tentu berpanguruh buruk terhadap kesehatan dalam perut kita, saya kurang tau pasti akibatnya apa. yang pasti minum air putih itu penting...
faktor pertama meurupakan pengalaman pribadi karena blog utama saya dengan nice puisi dan kata bijak. maka saya menulis sendiri puisi dan kata bijak tersebut dan itu butuh waktu yang lama bahkan hingga 12 jam lebih per satu artikelnya..

dan faktor kedua hasil dari curhatan seorang teman blogger di facebook. saat kesehatannya terganggu karena terlalu banyak duduk dan kurang minum air putih saat ngeblog.

Nah itulah sedikit tips dari saya sesuai pengalam pribadi selama saya mengelola blog saya yang lain... selanjutnya Cara Membuat blog Gratis di google lihat di bawah.

# Cara membuat blog Gratis


Apakah membuat blog itu sulit...! tidak karena ini memang mudah dan bisa saja sulit jika kebanyakan utak atik.. artinya yang mempersulit membangun blog adalah diri kita sendiri.. dan yang mempermudahnya juga kita sendiri.. cek cara membuat blog di bawah ini..

1. Hal yang perlu di perhatikan sebelum membuat blog.

Kamu disaankan untuk menentukan topik blog yang akan kamu kelola setiap harinya.. seperti kata saya diatas bahwa topik yang paling disarankan adalah topik yang sudah kamu pahami dengan betul, karena itulah yang memudahkan kamu dalam mengelola blog nantinya..

2. hal-hal yang kamu butuhkan

Berikut ini hal wajib yang harus kamu persiapkan dalam membuat sebuah blog..

1. PC/LAPTOP
Gunakanlah Pc/Laptop dalam mengelola blog, karena melalui handphone kurang leluasa dalam mengelolanya.
2. GMAIL
Gmail berguna untuk mendaftar ke situs Blogger. jika belum punya silahkan daftar dulu.. 
3. TAMPLATE
Tamplate adalah bentuk atau design tampilan blog kamu 
4. TOPIK
Pembahasan yang ingin kamu share kepada pembaca.. misalnya tentang kucing piaraan ata mobil atau lainnya sesuai dengan yang kamu inginkan.


3. Mendaftar ke situs blogger

Jika kamu sudah punya akun Gmail [email punya google]. maka sekarang kamu bisa membuat blog gratis dengan cara mengunjungi Google tinggal ketik Kata "Blogger" di kolom pencarian google

selanjutnya klik buat blog...

Selanjutnya akan muncul seperti dibawah ini
keterangan
1. Tulislah nama blog sesuai dengan keinginan kamu
2. tulis alamat blog sesuai keinginan kamu misal: anisa.blogspot. com atau lainnya.. 
3. petunjuk jika alamat masih tersedia atau tidaknya jika tidak tersedia silahkan di ganti..
4. pilih tema/tamplate blog yang kamu inginkan, silahkan pilih mana saja, tar juga bisa diganti lagi.. tema tersebut versi standard.
5. silahkan klik Buat Blog maka akan muncul seperti berikut
Silahkan klik "Lain kali" Karena disini kita ingin membuat blog versi gratis..
Jika ingin menggunakan versi berbayar maka silahkan ketik alamat blog yang kamu inginkan pada kolom tersebut. maka akan muncul ketersedian nama atau tidaknya..

Contoh : anisa. com atau endang. com atau bisnisokpunya. com atau apapun yang sesuai dengan selera kamu, tips pilihlah nama domain yang menggambarkan situs yang akan kamu kelola.

perbedaan gratis vs berbayar
Berbayar : nama belakangnya jadi .com contoh "anisa. com"
Gratiss: nama belakangnya ada blogspot nya contoh "anisa.blogspot. com"



Jika kamu memeilih lain kali maka akan muncul seperti ini


Nah sekarang kamu sudah bisa membuat postingan pertama kamu dengan memencet tombol Entri Baru.. silahkan menulis postingan yang kamu inginkan...
cek gambar dibawah..


1. Tulis Judul Atikel mu..
2. Pilih jenis font yang kamu inginkan [tidak perlu jika tamplate kamu sudah bangus]
3. Pilih ukuran font yang kamu inginkan. [tidak perlu jika tamplate kamu sudah bagus]
4. Pilih untuk membuat subjudul [perlu untuk meningkat kan kualitas SEO]
5. BOLD / berguna untuk menebalkan beberapa kalimat tulisan artikel [Tergantung keinginan]
6. memiringkan beberapa kalimat tulisan [tergantung keinginan]
7. Menggaris bawahi beberapa tulisan [terganting keinginan]
8. Menambahkan simbol coret pada tulisan [tergantung keinginan]
9. mengubah warna tulisan [Tergantung keinginan]
10. mewarnai backruond tulisan [Tergantung keinginan]
11. Menambahkan link ke artikel yang sudah jadi/ada jika sesuai dengan topik [Perlu untuk SEO dan kenyamanan pembaca]
12. Menambahkan gambar pada postingan [perlu untuk SEO dan kenyamanan pembaca]
13. Menabahkan Video [tergantung kebutuhan artikel]
14. Menambahkan simbol dan Eemoji [Tergantung keinginan]
15. Memotong kalimat jadi readmore / baca selengkapnya [tergantung keinginan]
16. Format tulisan [tergantung kebutuhan artikel]
17. Format tulisan dengan urutan angka [tergantung kebutuhan artikel]
18. Format tulisan dengan urutan tanpa angka [tergantung kebutuhan artikel]
19. Menambahkan kolom Quote. [Tergantung kebutuhan artikel]
20. Untuk publikasi artikel yang sudah jadi...

Jika postingan kamu belum selesai tapi kamu ingin menyimpan tulisan tersebut silahkan lihat gambar dibawah


1. simpan artikel
2. paratinjau artikel [nanti muncul di tab baru browser kamu]
3. tutup [Simpan dulu baru tutup. nanti kamu langsung di bawa ke beranda Blogger]

4. Info penting :

Pergunakanlah semua fitur blogger diatas sewajarnya saja [sesuai kebutuhan] karena jika kamu ingin membuat tulisan bergaya. maka pilihlah tamplate yang bagus. dan  dengan menggunakan semua fitur diatas maka hanya akan memper buruk tampilan artikel kamu..

1. Berikut fitur penting yang wajib kamu gunakan dalam menulis artikel.

1. Judul [wajib]
2. gambar "lihat kolom nomor 12 pada gambar diatas" [disarankan banget 1 - 2 gambar jangan terlalu banyak]
3. Subjudul "lihat kolom nomor 4 pada gambar diatas" [penting] contohnya pada artikel ini lihat di bagi bagi menggunakan sub judul
4. bold "lihat kolom nomor 5 pada gambar diatas" [disarankan banget] bold tulisan yang penting-penting saja
5. link "lihat nomor 11 pada gambar diatas " [disarankan banget jika ada artikel lain yang pembahasannya berhubungan]
6. yang lainnya silahkan gunakan sesuai kebutuhan artikel saja...!

Untuk saat ini kamu sudah bisa mengelola blog kamu dan ingat jangan terlalu banyak meng otak atik blog yang kamu kelola. karena konsisten itu penting.. karena apa..??

karena saya pribadi dulunya selalu utak atik blog. gonta ganti tamplate. dan kelakuan gak penting lainnya. dan sebenarnya itu hanya merusak blog saja.. 

sebenarnya yang paling penting adalah menulis dan menulis dan menulis lagi artikel yang super berkualitas. kenapa super berkualitas karena siangan kamu banyak ada ribuan blogger yang topik nya sama dengan blog kamu..

Dan itulah yang dibutuhkan google untuk ditampilkan pada halaman pertama.  jika sudah tampil di halam pertama maka barulah berasa enaknya ngurusin blog yang pengunjungnya bejibun tiap hari... lalu duitpun berdatangan dari..!!

dari manakah duitnya berdatangan..??

yaitunya dari metode monetisasi yang kamu pilih..seperti 
  1. Iklan adsense
  2. afiliasi
  3. jual produk
  4. iklan mandiri
  5. dll
dan saya pribadi baru mendapatkan uang dari iklan adsense.. dan itu lumayan..!! cukup untuk membayar semua kelelahan dalam mengolah blog itu sendiri hehe..

Berapa besaran penghasilan yang sudah pernah di dapat oleh blogger indonesia..???

3 jutaan/bulan 'bloger belum sukses" 
10 jutaan/bulan "blogger belum sukses-sukses amat"
50 jutaan/bulan "blogger udah sukses sih segini mah"
100 jutaan/bulan lebih "Master"
1 MILYAR lebih/bulan "Gak tau pangkatnya apa tapi ini ada..! di indonesia malah"

Apakah mereka mendapatkan uang tersebut dari blog gratisan...??

sebagiannya Iya tapi blog nya banyak dan diawali dengan 1 blog sukses, setelah satu sukes barulah mereka membuat banyak blog versi gratis dan versi berbayar dengan menyewa penulis...

Nah karena saya jadi ngaco nulisnya malah ngitungin duit orang lebih baik kita lanjut ke hal penting berikutnya..

5. Tampilan blog Yang ciamik

Nah setelah kamu menulis satu artikel maka sekarang kamu sudah bisa untuk memilih tampilan yang bagus sesuai selera kamu. dengan cara dibawah ini..

1. ketiklah di google dengan kata "Tamplate blog Responsive" maka akan bermunculan banyak tamplate mulai dari yang gratis hingga berbayar.. saya pribadi suka menggunakan tamplate dari

1. sugeng.id 
2. goyabi tamplate
3. Arlina design

kamu boleh pilih versi gratis maupun berbayar, tentu jelas yang berbayar kualitasnya lebih powerfull. jika sudah mendapatkan tamplate bagus sekarang kembali ke beranda blog kamu lalu cek cara dibawah

2. klik tema


3. cari tombol Backup/Pulihkan di kiri layar pc kamu

4. lihat gambar dibawah

1. klik untuk download tema yang sekarang ini kamu pakai ke komputer kamu jika nanti error maka tema yang sekarang bisa di kembalikan lagi
2. pilih chose file. dan masukkan tema yang sudah kamu download dari internet tadi.. pilih file dengan format XML..

Maka sekarang kamu sudah bisa lihat perubahan pada tampilan blog kamu. silahkan edit sesuai selera kamu dan mantapkan jangan nanti utak atik lagi utak atik lagi.. itu gak penting karena saya pribadi dulunya suka begitu yang akhirnya menghambat saya untuk menulis.. karena kebanyakan mikirin tampilan..

untuk meng edit tampilan blog kamu silahkan klik Tata letak

maka kamu bisa menambahkan atau mengurangi semua file yang ingin kamu tampilkan di blog kamu...
saran saya : Buatlah tampilan yang simpel dan jangan gunakan banyak widget gak penting.. ini hanya memberatkan blog kamu..

seperti kata saya mantapkan tampilan yang kamu inginkan agar tiap hari kerjaanya tidak ngutak ngatik tampilan doang karena itu gak ada gunannya..!!

nah sekarang kamu sudah punya blog baru dan kamu disarankan untuk update artikel setiap hari dan disarankan untuk tidak memperdulikan trafik blog mau 10 mau 20 mau 100 itu belum penting untuk pemula karena yang terpenting adalah menulis artikel dulu..

karena untuk visitor yang banyak butuh artikel berkualitas dan butuh waktu untuk google dalam membaca/mengenali blog yang kamu kelola. nati sekitar 3-6 bulanan baru boleh kamu mikirin visitor. kalo blog kamu masih berumur di bawah tiga bulan gimana..?? gak boleh liat liat visitor..! kebiasan kamu artikel 3 biji aja mikirin visitor hehe sory.. 

maksudnya jangan mikirin pengunjung dulu entar aja itumah... karena belum waktunya di saat ini... butuh waktu ya.. ingat butuh waktu hey butuh waktu..! ngeyel kamu EH sory malah marah lagi...

Tugas selanjutnya


1. daftarin blog ke webmaster Tool agar mudah terbaca google
2.  Belajar SEO.
3. Mencari Backlink untuk blog.
4. mencari kata kunci di Google Adword
5. daftarin blog ke Google Adsense

Ket : 
  • setelah kamu berniat mantap untuk menjadi blogger maka daftarinlah blog kamu ke Webmaster Tool google agar semua artikel kamu terindeks oleh google
  • SEO = Searh Engine Optimization [bahasa indonesianya = pengoptimalan artikel di beranda Google agar mudah ditemukan pembaca]
  • Backlink = link menuju blog kamu berguna untuk meningkatkan kepercayaan google terhadap artikel kamu [saya pribadi gak terklalu menggunakan backlink dari luar blog saya]
  • Jika yakin blog sudah berkualitas dan banyak pengunjung  cobalah untuk mendaftar ke penyedia iklan yaitunya Google Adsense agar blog kamu bisa menghasilkan uang [jangan kecewa jika ditolak karena gak gampang] saya ditolak sebanyak 20 kali lebih kurang sampai akhirnya diterima...
Untuk saat ini saya belum punya tutorialnya silahkan searching di google.Saran.! waktu pertama ngeblog saya banyak membaca blog di bawah

1. panduanin. com [ilmu seo yang mantap]
2. sugeng. id [tutorial blogger/blogspot, nyari in tamplate gratis maupun berbayar]
3. carolinaratri. com [saya belajar menulis pembukaan artikel yang bagus pada blog ini]
4. strukturkode.blogspot. com [tutorial blogspot lebih banyak pada blog ini]

Nah jika blog gratisan kamu sudah meyakinkan maka kamu bisa menggunakan wordpress.org sebagai penyedia blog gratis tapi servernya gak ada yang gratis. jadi kamu harus sewa server sendiri. saya pertamakali sewa server di dewaweb [hosting] sebelum saya pindah menggunakan VPS di Niagahoster.
dan blog ini saat artikel ini di tulis masih menggunakan Blogger/blogspot. dengan domain gratis pula yaitunya blogspot juga.. hehe 

oke teman selamat Membuat Blog Gratis ya.. ingat dalam ngeblog semangat itu wajib...

Cara Membuat blog di google khusus Pemula Cara Membuat blog di google khusus Pemula Reviewed by Unknown on Maret 06, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.